Kamis, 26 Januari 2012

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah merupakan pengelolaan kegiatan-kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk mendapatkan dana (raising of funds) yang dibutuhkan oleh perusahaan dan usaha-usaha bagaimana menggunakan dana (allocation of funds) tersebut secara efisien dan efektif.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada dua tugas utama manajer keuangan dalam menjalankan fungsinya yaitu :
1. bagaimana memperoleh dana dari sumber-sumber potensial,2. bagaimana menggunakan dana yang telah diperolehMasalah keuangan dalam perusahaan pada hakekatnya adalah bagaimana menyeimbangkan antara aktiva (struktur kekayaan) dan passiva (struktur finansial dan struktur modal).Sumber-sumber dana perusahaanDana/modal menurut asalnya dapat bersumber dari :1. Dana yang bersumber dari luar (external financing), yaitu pembelanjaan dari luar perusahaan, yang meliputi (1) dana dari pemilik (penjualan saham dan obligasi, dan (2) Kredit yang diterima dari pihak luar perusahaan.2. Dana yang bersumber dari dalam (internal financing), yaitu pembelanjaan yang berasal dari dalam perusahaan, yang meliputi : (1) Laba ditahan (retained earning), (2) akumulasi penyusutan, (3) dana cadangan, dan (4) penjualan aktiva tetap.Dana yang berasal dari pemilik untuk ditanamkan dalam perusahaan akan menjadi “Modal Sendiri”, sedangkan Dana yang berasal dari Kreditur, akan merupakan utang perusahaan (Modal Asing).

Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan.Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko,1982).Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.(Kotler,1980). Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya.Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".
Fungsi Manajemen Pemasaran
Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian servis. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Berubahnya Praktik Pemasaran dengan Internet (Internet Marketing)

Munculnya internet telah sangat meningkatkan kemampuan perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih cepat, lebih akurat, mencakup kisaran waktu dan ruang yang lebih luas, dengan biaya yang lebih sedikit, dan dengan kemampuan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pelanggan dan membuat tawaran menjadi lebih pribadi. Banyak sekali perusahaan yang telah menciptakan situs web untuk menginformasikan dan mempromosikan produk dan layanan mereka. Pers populer telah memberikan perhatian yang besar pada situs web konsumen. Pada tahun 2000, lebih dari 106 juta orang Amerika masuk online, dengan 80 persen mencari informasi,73 persen mencari produk atau jasa sebelum membelinya, 68 persen mencari informasi perjalanan, dan 65 persen mencari informasi tentang film, buku, dan kegiatan waktu luang.Dari data tersebut, terlihat internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan saat ini. Karena jangkauan yang luas, ke seluruh dunia. Selain itu juga karena pasarnya yang tertarget dan sistem otomatisasinya, membuat pemasaran jadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dalam memasarkan suatu bisnis melalui internet.



Manajemen Sumber Daya Alam
Manajemen Sumber Daya Manusia-SDM (human resourses-HR management) adalah sebuah proses dalam menangani pegawai,karyawan, buruh dan lainnya supaya kita dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam pekerjaan yang dilakukan karyawan tersebut pada perusahaan atau sebuah organisasi yang dinaunginya.
Menurut A.F. Stoner, Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya. Menurut Robert L. Mathis-John H. Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia adalah rancangan system-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan organisasional. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu unsure penunjang organisasi, dan dapat pula diartikan sebagai manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi atau potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya karena potensi merupakan suatu asset dan sangat berfungsi sebagai madal non-material dalam organisasi bisnis, yang dapat diwujutkan sebagai menjadi potensi yang nyata baik secara fisik maupun non-fisik untuk dapat mewujutkan eksistensi di dalam organisasi tersebut. Organisasi-organisasi yang masih kecil maupun yang bersifat tradisional biasanya focus terhadap Sumber Daya Manusia belum dijalankan atau dilaksanakan secara efektif. Karena organisasi-organisasi tersebut lebih memilih focus terhadap fungsi-fungsi produksi, keuangan, dan pemasaran yang biasanya selalu berorientasi dalam jangka pendek.
Dalam mengelola sumber daya manusia di era globalisasi bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, berbagai macam suprastruktur dan infrastruktur perlu disiapkan untuk mendukung proses terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas. Perusahaan yang ingin tetap eksis dan memiliki citra positif di mata masyarakat tidak akan mengabaikan aspek pengembangan kualitas sumber daya manusianya.
Oleh karena itu peran manajemen sumber daya manusia dalam organisasi tidak kecil, bahkan sebagai sentral pengelola maupun penyedia sumber daya manusia bagi departemen lainnya.



Manajemen adalah seni dan ilmu sebagai alat proses pengelolaan sumber daya dan dana mekanisme fungsional dan tujuan yang ditetapkan”.
  • Seni Yaitu ekspresi jiwa seseorang berupa kebijakan sehingga nampak indah, bersifat universal dan tidak tergantung pada siapapun.
  • Ilmu Yaitu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis.
  • Alat Yaitu perangkat yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan.
  • Proses Yaitu kegiatan yang dilakukan terus menerus dalam satu periode.
  • Pengelolaan Yaitu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan produk.
  • Sumber Daya Yaitu aspek-aspek keunggulan. Sumber daya dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya manusia dan sumber daya alam. Sumber daya alam terdiri dari sumber daya alam hayati (sumber daya yang masih alami) dan sumber daya alam non hayati (sumber daya yang sudah melalui proses).
  • Dana / financial                                                                                                                               Dana atau finansial dapat diartikan sebagai uang, yang digolongkan menjadi enam bagian yaitu :
  • 1.  Uang Kartal, jenis uang yang memakai kertas sebagai bahan baku   
  • 2.  Uang Giral, jenis uang yang memiliki keterkaitan dengan pihak / instansitertentu. Contohnya : ATM,Anjungan Tunai Mandiri).
  • 3.  Uang Fiskal, jenis uang yang memiliki hubungan dengan aturan-aturan negara Contohnya : STNK,pasport dan visa.
  • 4.  Uang Collateral, jenis uang yang berfungsi sebagai jaminan.
  • 5.  Uang Sosial, jenis uang yang berfungsi sebagai status sosial. Contohnya KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • 6.  Uang Amal, jenis uang yang ditujukan untuk kegiatan amal. 


                 
                                     
                                                         

30 komentar:

  1. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa Rifka, Manajemen juga mencakup banyak seperti : Manajemen bisnis, manajemen Keuangan, manajemen sumber daya alam, manajemen pemasaran dan manajemen Operasional ..

      Hapus
  2. manajemen keuangan dituntun kita untuk berlaku jujur

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa betul sekali itu dian dan manajemen keuangan juga merupakan kegiataan perencanaan, pengelolaan dan salah satu bidang manajemen fungsional dalam suatu perusahaan yg mempelajari tentang penggunaan dana dari suatu tanggung jawab.

      Hapus
  3. benar sekaLi manejemen pemasaran adalah kegiatan pokok untuk mempertahankan keLangsungan kehidupan perusahaan .... apabiLa tidak ada manejemen pemasaran daLam sebuah perusahaan bisa di pastikan perusahaan tersebut tidak akan berjaLan baik ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa alvi manajemen pemasaran juga merupakan faktor penting bagi perusahaan perusahaan besar.

      Hapus
  4. manajemen keuangan harus memiliki seorang manjer yg jujur dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa selain itu harus mempunyai wawasan yang luas dan kompeten dalam hal apapun ..

      Hapus
  5. saya sudah mengerti tentang manajemen keuangan setelah membaca artikel diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooooohh bagus deh kalau memang diah sudah mengerti tentang artikel tersebut di atas dan bisa memahaminya.

      Hapus
  6. artikel ini sangat berguna sekali , bisa lebih maju lagi dengan adanya SDM ini . dan sebagai pemicu bagi yang lain juga

    BalasHapus
  7. artikel ini sangat berguna sekali untuk mempelajari bagian-bagian dari manajemen

    BalasHapus
  8. artikel ini membantu saya mempelajari berbagai manajemen yang ada diindonesia

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. iyaaa benar sekali dan jadi bisa tahu artinya menjadi seorang manajer dan manajemen.

      Hapus
  10. Manajemen Keuangan adalah manajemen yang mengelola keuangan di suatu perusahaan.

    BalasHapus
  11. manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia.

    manajemen-manajemen ini merupakan suatu tolak ukur atau arahan suatu organisasi atau perusahaan untuk menuju pengaturan yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa benar sekali ..
      saya sudah bisa memahami artikel tersebut setelah saya membaca dan mengerti arti tersebut dan mendapatkan penjelasan atau pendapat dari anda dan dari yang lainnya.

      Hapus
  12. kenapa ilmu manajemen bisa dikatakan sebagai seni ?
    ilmu dan seni kan berbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena perpaduan antara manajemen dengan seni, kalau menurut anda gimana ?

      Hapus
  13. lah ngapa jd begini ini artikel,
    tulisan nya kaga keliatan,
    Inti nya dlm perusahaan harus memiliki menejer keuangan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh maaf abisnya ini susah dipengaturannya,
      iyaaa intinya begitu ..

      Hapus
  14. manajer keuangan sangat membantu perusahaan, artikel ini pun membantu saya mengerti tentang manajemen keuangan

    BalasHapus
  15. manajemen keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa selain itu manajemen keuangan juga membantu dalam perubasahaan - perusahaan besar, dan harus bijaksana dalam hal apapun, bertanggung jawab dan jujur intinya.

      Hapus
  16. perencanaan keungan membuat rencangan pemasukan pengeluanra serta kegiatan-kegiatan lainya

    BalasHapus
  17. Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.

    BalasHapus
  18. iyaaa benar sekali, artikel ini membuat kita jadi lebih mengerti tentang Manajemen baik manajemen pemasaran, manajemen sdm, manajemen operasional, manajemen pengantar bisnis, manajemen keuangan dan kita dapat lebih memahaminya lagi dari artikel tersebut.

    BalasHapus