Selasa, 24 Januari 2012

Macam" dan Jenis Manajer / Manajemen Berdasarkan Level atau Tingkatan - Ilmu Ekonomi Manajemen

Pada umumnya manajer memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf namun dari sisi tingkat atau level manajemen dapat dibagi menjadi tiga 3 macam, yakni :

1. Manajer Puncak / Top Manager
Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat kebijakan, keputusan dan strategi yang berlaku secara umum pada suatu perusahaan. Manajer puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.
2. Manajer Menegah / Middle Manager
Manajer tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan manajer lini pertama. Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.
3. Manajer Lini Pertama / First-Line Manager
Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. Manajer lini pertama juga memiliki andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan.
Tambahan Hierarki Manajemen: Dari sisi jumlah, jumlah dari atas ke bawah berbentuk kerucut atau piramida, yaitu semakin tinggi level atau tingkatan seorang manajer, maka semakin sedikit jumlah manajer pada tingkatan tersebut.
Mengelola Dalam Lingkungan Kerja Baru
1) Manajemen
Pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif melalui planning, organizing, leading (actuating), dan controlling sumber daya organisasi.
Fungsi Manajemen :
1. Perencanaan
• Menentukan tujuan-tujuan, menentukan tugas, menentukan sumber daya
2. Pengorganisasian
• Menentukan dan mengelompokkan tugas-tugas, alokasi sumber daya, penentuan otoritas
3. Kepemimpinan
• Pengaruh → Motivasi
4. Pengendalian
• Mengawasi aktivitas, koreksi, mengawasi target dan tujuan
Proses Manajemen
• Input (sumber daya)
- Man, materials, money, machine, method, information
• Proses
- Perencanaan : menilik tujuan dan cara pencapaian
- Pengorganisasian : pemenuhan tanggung jawab untuk pencapain tujuan
- Kepemimpinan : menggunakan pengaruh untuk memotivasi bawahan
- Pengendalian : mengawasi kegiatan dan melaksanakan koreksi
• Output (kinerja)
- Mencapai tujuan, produk, jasa, efisiensi, efektivitas
2) Kinerja
Kemampuan organisasi untuk mempertahankan tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien.
Organisasi
Kesatuan sosial yang dirahkan dengan tujuan dan dibentuk dengan penuh pertimbangan. Entitas sosial merupakan dua orang atau lebih, diarahkan dengan tujuan (dirancacng untuk mencapai output tertentu).
Efektivitas → melakukan pekerjaan dengan benar
Sejauhmana organisasi mencapai tujuan yang telah ditentukan
Efisiensi → melakukan pekerjaan dengan benar atau sesuai standar
Jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan
Jenis-jenis Manajer, berdasarkan :
1. Perbedaan vertikal atau hirarki
a. Top Manager
Seorang manajer yang berada pada puncak hirarki dan bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi. Contoh : Dirut, Presiden Direktur, CEO.
b. Middle Manager
Manajer yang bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab atas unit usaha dan departemen utama,. Contoh : Direktur Produksi, Pemasaaran, Kepala Divisi.
Project Manager
Manajer yang bertanggung jawab untuk pekerjaan sementara yang melibatkan partisipasi orang yang datang dari berbagai fungsi yang dan tingkatan organisasi
c. First Line Manager atau Lower Manager
Seorang manajer yang secara langsung bertanggung jawab atas produksi barang dan jasa. Contoh : Supervisor
2. Perbedaan Horizontal (luas ruang lingkup tugas)
a. General Manager
Manajer yang bertanggung jawab terhadap beberapa departemen yang menjalankan fungsi yang berbeda atau manajer yang bertanggung jawab untuk divisi yang berdiri sendiri (mandiri).
b. Functional Manager
Manajer yang bertanggung jawab atas departemen yang menjalankan tugas fungsional tunggal serta memiliki karyawan dengan pelatihan dan keahlian yang serupa. Contoh : Direktur Produksi, Pemasaaran, Kepala Divisi.


21 komentar:

  1. hahahaha orng pertama ni gw komen




    bagussssss bagussss
    sukses yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, makasih yaa windy ..

      coba deh di baca & di pahami maksut artikelnya tersebut gimana ?

      Hapus
    2. Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).

      Hapus
  2. intinya manajer itu harus mempunya sikap yang bijak

    BalasHapus
  3. top manejer harus memiLiki sikap yang bijaksana ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. juga memiliki sikap yang bisa bertanggung jawab, tegas, jujur dan baik ..

      Hapus
  4. suatu manajemen harus memiliki seorang manajer yg jujur dan bertanggung jawab dalam perkerjaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain itu harus bisa memimpin nanti kedepannya, dan bisa dapat dipercaya.

      Hapus
  5. Balasan
    1. 1) Perencanaan
      2) Pengorganisasian
      3) Kepemimpinan
      4) Pengendalian

      Hapus
  6. tingkatan manajemen itu harus sesuai dengan apa yang dijelaskan di atas, harus benar-benar seperti itu ..

    BalasHapus
  7. yang paling berperan penting dalam tingkatan manajemen adalah bagian top manajemen atau executive officer

    BalasHapus
  8. artikel ini menjelaskan tentang 3 tingkatan dalam manager, tingkatan yang paling tinggi taitu tingkatan puncak.

    BalasHapus
  9. banyak yah tingkatan dalam manajemen kirain cuman 1 manajemen yah manajemen ternyata terbagi lagi sesuai tingkatan'a ..

    BalasHapus
  10. apapun tingkatannya tetap saja seorang manajer harus dapat berwibawa terhadap bawahannya agar mereka dapat bekerja dengan nyaman dalam mengatur dan mengarah perusahaan menjadi maju dan kedepan

    BalasHapus
  11. tingkatan menejer sangat berguna untuk membagi pekerjaan yg tersedia,

    BalasHapus
  12. manajer harus dapat bersosialisasi dengan bawahannya apapun tingkatan manajer itu

    BalasHapus
  13. manajer itu harus menjadi contoh pegawainya. bersikap adil, jujur, bijaksana dan bertanggungjawab

    BalasHapus
  14. seperti apa kerja supervisor sebagai manajer lini pertama?

    BalasHapus
  15. sorang menejer pun mempunyai tanggung jawab yang tinggi

    BalasHapus